TEKNIK, MODEL & KRITERIA SUKSES, POTENSI MANUSIA DALAM PEMOGRAMAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE
- Teknik Artificial Intelligence
Teknik AI dapat dikategorikan secara umum kedalam beberapa kelompok, diantaranya:
- Search (Pencarian) menyediakan cara penyelesaian masalah untuk kasus dimana bila tidak ada lagi pendekatan langsung yang dapat digunakan maka pindahkan kerangka kerja kpd teknik langsung yang mungkin untuk dilekatkan.
- Use of Knowledge (Penggunaan Pengetahuan) menyediakan cara penyelesaian masalah yang lebih kompleks dengan mengekploitasi struktur dari objek yang terkait dengan masalah tersebut.
- Abstraction menyediakan cara untuk memilah/memisahkan keterangan dan variasi yang penting dari sekian banyak yang tidak penting dimana akan mempercepat penyelesaian masalah.
- Model-Model Artificial Intelligence.
- Natural Language Processing (NLP)
1. Text-based application
- Computer Vision
- Robotika dan Sistem Navigasi
- Game Playing
- Sistem Pakar
- Tingkatan Model
- Program kelas pertama mencoba menyelesaikan masalah dengan cara yang tidak persis benar dengan definisi kita tentang AI. Program yang termasuk kelas ini menggunakan algoritma dan mekanisme yang mudah dan sederhana untuk dilakukan oleh komputer tetapi biasanya sulit dan tidak menarik untuk dilakukan oleh manusia.
- Program kelas kedua berupaya memodelkan kemampuan manusia dalam melakukan sesuatu, yang berarti program pada kelas ini lebih mendekati kepada definisi tentang AI, yang berarti menjadi tidak mudah bagi komputer.
Beberapa alasan dibuatnya model seperti ini :
- Untuk membuktikan teori psychology tentang kemampuan manusia.
- Untuk membuat komputer mengerti alasan manusia.
Contohnya, membuat komputer dapat membaca/ mengerti berita di koran dan
menjawab pertanyaan spt “mengapa buruh mogok kerja ?”, program semacam ini
harus dapat mensimulasi proses pengambilan alasan yang dilakukan manusia.
- Untuk membuat manusia mengerti alasan komputer.
- Untuk mengekploitasi pengetahuan apa yang dapat kita kumpulkan dari manusia.
- Tingkatan Model Artificial Intelligence
Usaha untuk membuat program yang menyajikan cara manusia menyelesaikan masalah dapat dibagi kedalam dua kelas, yaitu : Program kelas pertamamencoba menyelesaikan masalah dengan cara yang tidak persis benar dengan definisi kita tentang AI. Program yang termasuk kelas ini menggunakan algoritma dan mekanisme yang mudah dan sederhana untuk dilakukan oleh komputer tetapi biasanya sulit dan tidak menarik untuk dilakuakan oleh manusia.
Contoh program dalam kelas ini adalah Elementary Perceiver
and Memorizer (EPAM) [Feigenbaum, 1963] yang dapat mengingat pasangan terkait
dari suku kata, dimana bila dimasukkan satu suku kata komputer tinggal
mencarinya dalam memori kata mana yang mengandung suku kata yang dimaksud, yang
pertama kali ditemukan maka itulah jawabannya, bagi manusia tidak semudah itu
karena manusia selalu berfikir tentang arti dari kata yang dimaksud sesuai
dengan konteks, sehingga masalah spt ini tidak menarik bagi manusia dan jarang
dilakukan, namun hal semacam ini sering dilakukan dalam psychotest untuk mengetahui
kemampuan mengingat seseorang.
Program kelas keduaberupaya memodelkan kemampuan manusia
dalam melakukan sesuatu, yang berarti program pada kelas ini lebih mendekati
kepada definisi tentang AI, yang berarti menjadi tidak mudah bagi komputer.
- Kriteria Sukses
Satu pertanyaan terpenting yang harus dijawab pada tiap
proyek penelitian ilmiah adalah
“ Bagaimana kita tahu kalau kita sudah berhasil ?”
Begitu pula dalam AI.
“Bagaimana kita tahu mesin yang kita buat cerdas ?”
Menjawab pertanyaan itu sama sulitnya dengan menjawab pertanyaan
“Apakah kecerdasan itu ?”
- Potensi Manusia
- Potensi Manusia
1. Potensi Kecerdasan
- Kecerdasan Spiritual
- Kecerdasan Logika -Matematika
- Kecerdasan Intrapersonal
- Kecerdasan Musikal
- Kecerdasan Natural
- Kecerdasan Badan (Body)
- Kinestetik
- Kecerdasan Interpersonal
- Kecerdasan Linguistik –Auditorial
- Kecerdasan Spasial -Visual
2. Potensi Diri
Terdiri atas empat elemen yakni :
- Menerima diri
- Merumuskan Cita-cita
- Berinteraksi dengan lingkungan
- Mencari dan menciptakan pengalaman baru.
Komentar
Posting Komentar