Langsung ke konten utama

LOGIC & LEARNING METHOD

 LOGIC & LEARNING METHOD

  1. Logika dalam AI

    Logika dalam AI digunakan sebagai suatu cara untuk menyampaikan fakta. Penyajian logika secara formal diperlukan karena akan menjadi suatu cara yang sangat disarankan untuk menurunkan/menjabarkan pengetahuan baru. Dengan logika formal kita dapat menyimpulkan  bahwa suatu pernyataan baru adalah benar dengan membuktikan bahwa pernyataan itu diturunkan dari pernyataan-pernyataan lain yang sudah diketahui  kebenarannya.

Contoh :

 Jika : Matahari terbit dari Timur (benar)

 Maka : Tidak mungkin matahari terbit dari Barat (benar)

    2. Sejarah Singkat Logika

• Ahli logika pertama yang dikenal : Aristotle (384-322 BC), filsuf dan ahli ilmu alam Yunani. Aristotle telah mengembangkan banyak teori yang dikenal dengan syllogistic atau classical logic. Syllogistic pada dasarnya  bertransaksi dengan penurunan kebenaran (atau yang bersifat salah) dari argumen seorang filsuf.

• Symbolic logic dimulai dengan G.W. Leibniz (1646- 1717), tetapi dilupakan setelah ia meninggal, kemudian seluruh hal-hal tersebut dicakup kembali oleh : George Boole (1815-1864) dan logikanya dikenal dengan  Boolean Logic. Symbolic Logic berinteraksi dengan  konsep abstraksi ke dalam simbol-simbol dan interkoneksi simbol-simbol oleh operator tertentu.

    3. Propotional Logic

Propotional logic digunakan  sebagai cara menyajikan pengetahuan singkat/sederhana yang  diperlukan dlm AI.

Dengan propotional logic kita akan dengan mudah  menyajikan fakta dunia  nyata sebagai proposisi logika yang disebut well-formed formulas (wff).


Contoh penyajian propotional logic :

it is raining : RAINING

it is sunny : SUNNY

if it is raining, then it is not sunny

RAINING → ┐SUNNY

Socrates is a man : SOCRATESMAN

Plato is a man: PLATOMAN

ditulis dengan cara yg lebih simple :

MAN(SOCRATES)

MAN(PLATO).


 5. Learning Machine

Learning Machine adalah suatu aplikasi dalam AI yang memiliki kemampuan beradaptasi dengan dunia luar dan dapat memanfaatkan informasi dari dunia luar untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuannya. Kata mesin digunakan untuk membedakan dengan manusia (mahluk hidup) yang secara alami memiliki kemampuan belajar.


  • Learning by Taking Advice

Metode learning ini menggunakan advice tingkat tinggi (dalam bahasa manusia) untuk menghasilkan suatu aturan operasional. Advice mana yang akan digunakan dari sekian banyak yang ada diproses/dipilih menggunkan operatoroperator seperti : analisis kasus, pencocokan,dsb.

  • Learning from example

Metode ini menggunakan semua contoh dari kasus-kasus yang pernah diselesaikan atau data contoh yang dimasukkan ke sistem. Hal terpenting dari metode ini klasifikasi, untuk memilah  atau mengklasifikasi contoh menjadi contoh posistif dan contoh negatif. Hasil dari metode ini adalah suatu deskripsi konsep. Metode ini menggunakan Algoritma search untuk mengeliminasi contoh dan menghasilkan pohon keputusan

  •  Learning in Problem Solving

Metode ini berusaha untuk memperbaiki pemecahanmasalah dari pemecahan masalah yang sudah ada atau sudah pernah diaplikasikan. Metode ini menggunakan solusi dari contoh masalah sebagai masukan dan akan menghasilkan penemuan cara  baru untuk menyelesaikan masalah secara lebih efisien. Metode ini menggunakan heuristic search seperti : generalisasi, learning berdasarkan penjelasan dan pertimbangan yang menyeluruh.

  • Discovery

Metode ini berusaha untuk menemukan pengetahuan- pengetahuan baru yang belum terungkap sebelumnya. Metode ini menggunakan heuristic search yang berdasarkan kepada analogy, ketertarikan (minat) atau bahkan suatu misteri. Hasil atau keluaran dari metode ini cendrung tidak diketahui atau sulit diperkirakan, karena biasanya berdasarkan informasi atau pengetahuan yang minim


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK, MODEL & KRITERIA SUKSES, POTENSI MANUSIA DALAM PEMOGRAMAN ARTIFICIAL INTELLIGENT.

TEKNIK, MODEL & KRITERIA SUKSES, POTENSI MANUSIA DALAM PEMOGRAMAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE Teknik Artificial Intelligence Teknik AI dapat dikategorikan secara umum kedalam beberapa kelompok, diantaranya: Search (Pencarian) menyediakan cara penyelesaian masalah untuk kasus dimana bila tidak ada lagi pendekatan langsung yang dapat digunakan maka pindahkan kerangka kerja kpd teknik langsung yang mungkin untuk dilekatkan. Use of Knowledge (Penggunaan Pengetahuan) menyediakan cara penyelesaian masalah yang lebih kompleks dengan mengekploitasi struktur dari objek yang terkait dengan masalah tersebut. Abstraction menyediakan cara untuk memilah/memisahkan keterangan dan variasi yang penting dari sekian banyak yang tidak penting dimana akan mempercepat penyelesaian masalah. Model-Model Artificial Intelligence . Natural Language Processing (NLP) Natural language processing/NLP mempelajari bagaimana bahasa alami itu diolah sedemikian hingga user dapat berkomunikasi dengan komputer.Jenis

framework apa sih ?

Framework atau bahasa indonesianya kerangka kerja adalah sebuah software untuk memudahkan para programmer membuat aplikasi atau web yang isinya adalah berbagai fungsi, plugin, dan konsep  sehingga membentuk suatu sistem tertentu. Dengan menggunakan framework, sebuah aplikasi akan tersusun dan terstruktur dengan 2  rapi. Namun, menggunakan framework bukan berarti kita bebas dari pengkodean. Kita sebagai pengguna/programmer menggunakan variabel dan fungsi-fungsi yang ada di sebuah framework itu. Karena itulah, kerja kita bisa menjadi efektif karena tidak harus membuat fungsi-fungsi lagi. Untuk lebih memahaminya, anda bisa membaca cerita berikut. Rahman adalah seorang web programmer. Dia menerima pesanan sebuah proyek website. Lalu dia mengerjakannya dari mulai mendesain sampai sistemnya. Semua kode-kode fungsi & konsep yang harus ada di sebuah website semuanya ia buat. Mulai dari kode untuk postingan, menu, paginasi, dan sebagainya. Alhasil, pesanannya pun berhasil diselesaika

contoh penggunaan switch case

#include<conio.h> #include<stdio.h> #include<iostream.h> main() { char nm_pembeli[20],telp[10];    char jenis[20],merk[20];    int kd_barang,kd_merk;    int harga,jumlah,total;    awal:    cout<<"\n\tKAIXA ELEKTRONIK"<<endl;    cout<<" =========================="<<endl<<endl;    cout<<" Nama Pembeli\t: ";cin>>nm_pembeli;    cout<<" Telepon\t: ";cin>>telp;    cout<<" \n=================================="<<endl<<endl;    cout<<" Tipe barang\t\tMerk"<<endl;    cout<<" 1.Televisi\t\t1.Sharp"<<endl;    cout<<" 2.DVD Player\t\t2.Toshiba"<<endl;    cout<<" 3.Home Theatre\t\t3.Samsung"<<endl;    cout<<" 4.Kipas angin\t\t4.LG"<<endl<<endl;    cout<<" Pilih barang\t: ";cin>>kd_barang;    cout<&